JAWABAN DOKTER Apakah Ini Kurap

Selamat malam dok, begini dok, di kulit bagian belakang telinga timbul semacam kurap, tapi tidak ada lingkaran seperti gambar penyakit kurap yg pernah dijelaskan oleh dokter.



Yang ingin saya tanyakan apakah gangguan kulit tsb juga termasuk kurap, karena sudah sekitar 1 tahun sejak timbulnya gangguan tsb tidak ada menular, baik ke kulit saya bagian lainnya atau ke keluarga saya yg lain, selama ini sudah saya obati dgn "kalpanax" tpi tidak rutin, kalau terasa gatal saja baru saya oleskan & setelah 2-3 hari timbul seperti sisik yg mengelupas. Apa yg mesti saya lakukan dok? Terimakasih, selamat malam.

Jawaban Dokter dr. Dian

Selamat pagi Abid, terima kasih atas pertanyaan Anda.

Bercak merah disertai gatal dapat diakibatkan oleh beberapa hal

Infeksi jamur yaitu tinea capitis adalah infeksi jamur atau fungi yang menjangkiti kulit di bagian tubuh. Penyakit ini ditandai dengan adanya ruam berwarna merah yang berbentuk lingkaran dimana bagian tengah berwarna lebih gelap dan terasa gatal terutama di bagian tepi bercak. Penyebab infeksi ini adalah jamur yang dapat terkontaminasi baik melalui handuk atau kontak langsung dengan penderita.
Dermatitis seboroik. elainan kulit yang mengenai kulit kepala dan kulit bagian tubuh lain di mana banyak terdapat kelenjar minyak.
Dermatitis atopik (peradangan kulit kronis karena reaksi hipersensitifitas)
Psoriasis
Kusta yang disebut juga dengan istilah lepra adalah penyakit yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernafasan atas serta mata. Sehingga mengakibatkan terdapat luka dan bercak serta terjadi kerusakan saraf perifer yang ditandai dengan mati rasa
Dermatitis kontak (peradangan kulit lokal yang terjadi karena kontak dengan zat pemicu alergi atau iritasi)
Alergi : keluhan ini biasanya disertai dengan keluhan gatal
Bekas gigitan serangga, ditandai dengan gatal dan terdapat punctum atau titik di pusat yang menandakan adanya gigitan serangga
Psoriasis adalah suatu penyakit kulit menahun yang disebabkan turnover keratin pada kulit yang meningkat. Kondisi ini tidak mudah diatasi dan membutuhkan terapi jangka panjang, seringkali kambuhan. Terapi awal psoriasis memang umumnya menggunakan kortikosteroid, retinoid, analog vitamin D, dan terapi sinar ultraviolet.

Pada kasus yang sulit dan gagal dengan satu atau kombinasi terapi diatas umumnya akan digunakan obat yang lebih kuat, salah satu yang paling sering digunakan adalah MTX / metotreksat (suatu anti metabolit), imunomodulator seperti siklosporin atau tacrolimus, dan beberapa obat yang mungkin sering pula digunakan dalam terapi kanker seperti penghambat TNF ((infliximab dan etanercept) dan lain sebagainya.

Sebenarnya metotrexat sendiri awalnya merupakan obat kanker. Saat ini memang hampir diseluruh indonesia akan sulit untuk menemukan obat MTX oral, yang masih tersedia adalah yang injeksi.

Untuk memastikan diagnosa penyakit yang Anda keluhkan sebaiknya Anda dapat memeriksakannya ke dokter atau dokter spesialis kulit kelamin. Dokter nanti akan menanyakan keluhan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik dan dapat pula melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan KOH, pemeriksaan kultur dan pemeriksaan di lampu Wood dan dapat pula dilakukan pemeriksaan BTA dan biopsy pada kulit yang mungkin jarang dilakukan.

Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebabnya dan derajat keparahannya. Bersamaan Anda menjalani terapi dari dokter sebaiknya Anda dapat mencoba tips:

1.    Hindari menggaruk karena dapat menyebabkan infeksi kulit

2.    Hindari terkena sinar matahari secara langsung

3.    Jaga kesehatan tubuh Anda dengan menjaga pola hidup Anda

4.    Obatin penyakit dasar seperti diabetes atau penyakit imun lainnya yang dapat menjadi pemicu
Semoga bermanfaat,