JAWABAN DOKTER Jerawat Batu

Malam dok, saya punya keluhan di susu saya terdapat benjolan seperti jerawat batu di susu sudah 1 tahun ini dok kalo jerawatnya ditekan keras gk lembek trs agak sakit klo ditekan, awalnya memang jerawat karena saya pikir saya lagi haid.



Dan baru 3 minggu yang lalu saya cek ternyata masih ada jerawatnya saya khawatir, terus kulit diskitar susu kalo di sentuh lgsng mengeras dan ada kotoran gitu, saya tidak berani periksa karena takut sekaligus malu. Terima kasih dok

Jawaban Dokter dr. Lia N. Amalina

Sebelumnya yang ingin saya tanyakan, apakah terdapat keluhan lainy di payudara anda, seperti nyeri payudara ? perubahan kulit pada payudara ? berapakah ukuran benjolan tersebut ? seberapa cepat pertumbuhan benjolan pada payudara tersebut ? bagaimana karakteristik benjolan payudara tersebut ?

Benjolan pada payudara dapat terjadi karena sebab yang normal yang berhubungan dengan siklus menstruasi maupun karena sebab yang abnormal atau karena penyakit lainnya. Benjolan payudara yang abnormal dapat terjadi karena :

Sumbatan duktus payudara (untuk ibu menyusui)
Fibroadenoma atau FAM
Tumor payudara
Kanker payudara
Diperlukan penggalian lebih mendalam mengenai keluhan yang anda alami. Selain itu diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan juga pemeriksaan penunjang seperti rontgen dada, usg payudara, mamografi, ct scan atau MRI (jika diperlukan) untuk membantu menegakkan diagnosis pasti keluhan yang anda alami. 

Sebaiknya periksakan diri anda ke dokter atau dokter spesialis bedah untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.