JAWABAN DOKTER Pasca Keguguran

Dok, bersihnya rahim pasca keguguran itu biasanya brapa lama dok? Saya disuruh d kontrol sminggu lagi untuk melihat rahim saya. Tapi dikarenakan suatu alasan saya gak bisa kontrol dok. Boleh gak kita kontrolnya setelah dapat haid pertama aja nanti? Trus kira2 brapa minggu untuk mendapatkan haid pertama pasca keguguean dok?



Jawaban dr Alyssa 

Hai Denzia. Apakah ketika anda keguguran sebelumnya telah dilakukan USG dan dikatakan masih ada sisa janin? Lalu jika ada sisa janin, apakah penanganan dokter sebelumnya? Kuret atau obat? Jika sebelumnya telah dilakukan kuret, maka kuret sendiri bertujuan untuk membersihkan sisa janin dan biasanya jika perdarahan sudah berhenti dapat dikatakan aman. Namun, kontrol dapat digunakan untuk memastikan hal tersebut dan menilai adakah kemungkinan infeksi paska kuret atau perlengketan. 

Sedangkan jika dengan obat, maka kontrol penting untuk menilai bahwa rahim anda telah benar-benar bersih karena jika tidak dapat beresiko infeksi dan kista (kantung berisi material cair) rahim.

Setelah dilakukan kuret, akan terjadi perdarahan, dan setelah perdarahan berhenti, akan terjadi pertumbuhan jaringan baru sebagai pemulihan dan secara umum dapat dikatakan sekitar 6 minggu paska kuret. Namun, pada wanita berbeda-beda dan bisa lebih cepat atau lembih lambat

Konsultasikan dengan dokter kandungan anda sedini mungkin untuk informasi lebih lanjut. Berikut mengenai keguguran. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam,