JAWABAN DOKTER Susah Tidur

Beberapa hari ini saya mengalami gangguan tidur dok, dan yang terparah adalah dengan kondisi saya terbangun tengah malam dan tidak bisa tidur lagi ,saya sudah merem matanya cukup lama, padahal saya tidak merokok saya tidak suka minum kopi dan saya tidak tidur siang.



Saya juga tidak dalam kondisi stres atau cemas,bahkan saya sampai minum parasetamol agar mengantuk namun hanya tidur kurang lebih sejam dan saat akan terlelap seperti kesadarannya saya kembali waspada dan sadar lagi, alhasil kepala dan leher saya bagian belakang rasanya berat dan pegal, mata saya juga sedikit bengkak, kenapa ya dok bisa seperti itu? Lalu saya harus bagaimana?

Jawaban dr Alyssa 

Sulit tidur atau insomnia secara umum dapat dibagi menjadi gangguan memulai tidur, bangun tidur yang terlalu pagi, atau setelah terbangun sulit kembali untuk tidur. Untuk mengatasi sulit tidur ini, mengatasi penyebab yang mendasari merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi hal tersebut. Secara umum, kondisi ini dapat disebabkan oleh 

1. Pekerjaan yang mengganggu irama tidur (irama sirkadian) dimana seperti pekerjaan shift malam, atau jet lag setelah berwisata ke tempat tertentu  

2.  Kebiasaan tidur yang kurang teratur seperti melakukan pekerjaan yang berat sebelum tidur, menonton tv atau layar kaca sebelum tidur, tidur siang, jam tidur tidak teratur 

3. Makan besar sebelum tidur 

4. Stres 

5. Kondisi klinis tertentu seperti hipertiroid, GERD 

6. Konsumsi kafein sebelum tidur, obat tertentu seperti antidepresan 

Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang dialami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Hal yang dapat anda lakukan adalah 

1. Hindari menonton tv atau menatap layar kaca hingga larut malam 

2. Kelola stres 

3. Berikan jeda antara makan besar dengan tidur sekitar 3-4 jam 

4. Jaga pola hidup sehat