JAWABAN DOKTER Telat Haid Atau Hamil

Sore donk saya chaca usia 28thn. Kebetulan saya adalah wanita yg siklus haid ga teratur. Nah 3 bulan terakhir ini haid saya selalu maju 2-5 hari. Yg ingin saya tanyakan adalah. Bulan kemaren saya haid ditgl 16 okt tp dibulan ini saya belum juga haid. 

JAWABAN DOKTER Telat Haid Atau Hamil


Padahal sudah 1 minggu ini saya merasa sakit kepala, badan pegal2 n keram dibagian perut bawah. Bahkan kadang2 terasa sampe di atas miss V saya. Apakah ini saya memang telah haid atay ini tanda kalau saya sedang hamil. Mohon infonya donk. Makasih.

Jawaban dr. Radhianie Djan, BmedSci

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih telah memberikan pertanyaan, Saya akan mencoba membantu menjawab pertanyaan anda 

Terlambatnya menstruasi dapat disebabkan oleh kehamilan ataupun sebab lain seperti,

1.      Stress

2.      Kelelahan

3.      Penggunan obat kontrasepsi

4.      Sindoma ovarium polikistik/ PCOS 

5.      Gangguan pada hormone

6.      Masalah pada tiorid



Apabial anda saat ini menccurigai kehamilan anda dapat melakukan test pack yang mana biasanya bias dilakukan 1 minggu setelah terlambat menstruasi. Apabila hasilnya negative anda masih dapat melakukan test pack kembali 1 minggu setelahnya. Berikut beberapa tanda kehamilan,

1.      Tanda tidak pasti hamil seeprti terlambat haid, pusing, mual muntah, sering BAK, payudara yang membesar, lemas, kulit hidung pipi dan dahi menghitam

2.      Tanda kemungkinan hamil sepeti hasil test pack yang positif dan terabanya bagian tubuh janin saat pemeriksaan

3.      Tanda pasti hamil yaitu gerakan janin dan denytu jantung janin yang dapat diperoleh dari USG 

Namun tentunya untuk mengetahui tanda kehamilan secara pasti anda dapat mengunjungi dokter spesilais kandungan agar dapat diketahui. Dokter biasanya akan melakukan wawncara medis pemerikssn fisik dan pemeriksan penunjang sperti USG.