JAWABAN DOKTER Keputihan Yang Berlebihan

Halo dok umur sya 14th sya udh lama mengalami keputihan sekitar -+ hampir 3bln rasayanya gatal dan bau sekali dan ketik sy buang air kecil tarasa sakit sya udh pke panty liners tpi malah makin parah dok ..trs hal apa yg harus sya lakukan biar tidak keputihan lgi dok?



Jawaban dr. Aldy Valentino

Kondisi keputihan yang anda alami bisa disebabkan karena berbagai hal. Untuk anda ketahui keputihan sendiri adalah keluarnya cairan kental keputihan dari vagina dan dari dalam rongga uterus (Rahim). Kondisi ini dapat bersifat normal atau bersifat tidak normal. 

Cairan keputihan yang normal biasanya bersifat encer tidak kental, tidak berwarna, tidak berbau dan dipengaruhi kadar hormon, biasanya muncul pada saat masa subur. Cairan keputihan normal biasanya juga tidak disertai rasa gatal atau pada sekitar vagina. 

Jika keputihan yang tidak normal ini muncul, biasanya anda mungkin akan mengalami gejala lain seperti keluarnya darah dari vagina atau rahim, nyeri perut bagian bawah, rasa gatal di sekitar vagian, munculnya kemerahan atau bintik-bintik atau lepuhan di sekitar vagina, keluarnya cairan keputihan bercampur darah, keputihan yang tidak berwarna jernih dan berbau amis. 

Keputihan yang tidak normal ini dapat disebabkan terutama infeksi bakteri (chlamydia,bakterial vaginosis dan gonokokus), infeksi jamur (candida), infeksi protozoa (trichomonas vaginalis), atau infeksi virus (virus herpes dan human papilloma virus). Selain karena infeksi, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan keputihan, seperti:

- Iritasi terhadap bahan tertentu seperti (sperma, pelicin, kondom, sabun cuci, pelembut pakaian, deodoran, sabun, cairan antiseptik untuk mandi, pembersih vagina, celana ketat, tissue toilet berwawarna).

- Adanya tumor atau jaringan abnormal lain dalam organ kewanitaan.
- Proses radiasi (biasanya pada penderita kanker atau penyakit ganas lainnya).
- Cairan vagina yang keluar biasanya akan berbeda karakterisitiknya tergantung jenis infeksi atau penyebab lainnya.

Jika anda telah mengalami keputihan yang cukup lama seperti yang anda jelaskan, maka sebaiknya anda harus melakukan pemeriksaan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Perlu dilakukan pemeriksaan cairan keputihan untuk menilai penyebab keputihan yang anda alami. 

Pemeriksaan urine biasanya juga diperlukan untuk menilai penyeba keputihan. Juga pemeriksaan lainnya, misalnya pemeriksaan serologis jika disebabkan karena infeksi. Pada kasus tertentu juga diperlukan pemeriksaan USG daerah perut, jika diduga rahim anda mengalami infeksi juga.

Untuk pengobatan keputihan yang tidak normal ini bergantung pada penyebabnya, misalnya jika disebabkan infeksi, maka pengobatannya bergantung dari jenis mikroorganisme yang menyebabkan infeksi. 

Jika karena jamur atau candida maka akan diberikan obat anti jamur seperti nistatin atau obat lainnya. Sedangkan karena infeksi bakteri, maka akan diberikan obat anti bakteri. Selain pemberian obat untuk mengatasi penyebab keputihan ini, diberikan juga obat untuk mengatasi keluhan penyerta seperti anti nyeri, pengurang rasa gatal dan sebagainya. 

Pengobatan ini diberikan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter serta pemeriksaan penunjang yang telah dilakukan. Sebaiknya anda tidak membeli obat sendiri dan melakukan pengobatan yang tidak sesuai dengan indikasi dari dokter. Selain permasalahan pengobatan, selama di rumah anda harus tetap menjaga kebersihan daerah kewanitaan anda.

Anda perlu memahami bahwa keputihan yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan infeksi pada organ kewanitaan anda secara keseluran dan beresiko menyebabkan gangguan kesuburan atau meningkatkan resiko terjadinya kanker. Sehingga perlu penanganan segera dari kondisi anda ini.

Semoga jawaban ini membantu