JAWABAN DOKTER Masker Korea Bikin...

Halo dok saya mau tanya. Saya bingung kemarin saya mencoba memakai masker freemason dengan varian sugar mask wajah saya jadi bersih dan saya yakin cocok karena efeknya bagus diwajah saya. 



Setelah itu saya beli lagi dengan merk yg sama tp varian berbeda setelah mencoba wajah saya jadi merah di bagian hidung dan mulut dengan rasa gatal dan kering serta sedikit beruntusan. Sebelumnya saya tidak mempunyai alergi dan kulit wajah saya type oily. 

Saya bingung dok mau diapain karna saya tidak tau ini termasuk tidak cocok varian yg itu atau bagaimana. Tolong sarannya dok. Terimakasih.

Jawaban dr. Uswatun

Merawat wajah merupakan hal yang banyak menarik perhatian para wanita. Banyak perawatan yang dapat dilakukan untuk wajah mulai dari yang dilakukan dirumah maupun harus di tempat kecantikan seperti salon, klinik kecantikan dan lainnya. 

Masker merupakan salah satu perawatan wajah yang dapat digunakan para wanita dimana saja. Melihat dari cerita anda ada nya gejala kemerahan pada bagian hidung dan mulut disertai dengan rasa gatal kering merupakan gejala iritasi / alergi pada kandungan masker tersebut. 

Setiap varian memiliki fungsi dan kandungan yang berbeda-beda oleh karena itu merupakan salah satu penyebab kenapa setelah berganti varian anda baru merasakan gejala. Sebaiknya jangan dilanjutkan menggunakan masker tersebut karena dapat memperburuk keadaan. 

Hindari juga sering menyentuh, menggaruk serta menggosok-gosok wajah. Jika dibutuhkan anda dapat mengkompres dengan air dingin pada area yang bermasalah untuk meringankan keadaan. 

Jika keadaan anda tidak membaik setelah beberapa hari menghentikan masker ini, sebaiknya anda dapat datang ke dokter atau dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada kulit anda dan mendapatkan penanganan yang sesuai. 

Selain itu, karena banyaknya masker / produk kecantikan yang beredar di pasar, Anda snagat dianjurkan untuk teliti dan memilih produk yang sudah terdaftar di BPOM RI. 

Perhatikan kandungan yang terdapat pada produk, perhatikan adakah  zat tambahan yang dapat memicu reaksi alergi ataupun iritasi dan perhatikan juga tanggal kadaluarsa. Perhatikan juga aturan pemakaian masker, menggunakan masker berlebihan juga akan menimbukan efek yang tidak baik.

Semoga membantu dan bermanfaat

dr. Uswatun