JAWABAN DOKTER Haid Berkepanjangan Dan Cara Mengatasinya

selamat malam dok, kasus yg saya alami adalah: Umur 25 tahun, sudah menikah dan punya 1 putri yg berusia 2 thn, Saya mengalami haid yang berkepanjanga, pada tgl 5-2-2017 saya berhenti KB, selama itu pula saya tidak haid. 

JAWABAN DOKTER Haid Berkepanjangan Dan Cara Mengatasinya


Kemudian tgl 1-11-2017 sampai sekarang tgl 18-11-2017 masih haid, di sertai sakit perut & nyeri pada rahim, kondisi tubuh melemah, & otot-otot nyeri, sakit kepala dan mual-mual apa penyebab dari kasus yg saya alami tersebut dok,,,,?

Jawaban Salam, dr.Sylvia 


Halo, terima kasih sudah bertanya
Keluhan yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh penggunaan KB yang Anda lakukan. Baik KB pil maupun suntik sama-sama mengandung hormon yang akan berpengaruh pada siklus menstruasi. Berikut penjelasan jika Anda menggunakan KB suntik. 

Penyuntikan KB merupakan salah satu suntikan untuk pencegahan kehamilan. Penyuntikan KB terdiri dari KB 1 bulan dan KB 3 bulan. Suntik KB 3 bulan merupakan salah satu jenis suntik KB yang hanya mengandung hormon progesteron. 

Sama seperti preparat progesteron lainnya, salah satu efek samping yang paling sering dialami jika seseorang melakukan KB adalah gangguan menstruasi, dapat berupa pemanjangan ataupun pemendekan siklus menstruasi, perdarahan yang banyak atau sedikit, perdarahan tidak teratur, perdarahan bercak/ spotting, bahkan tidak menstruasi sama sekali. 

Beberapa efek samping penggunaan KB suntik diantaranya:

• Adanya efek seperti sakit kepala, kenaikan berat badan, nyeri payudara, dll
• Jika ingin kembali subur, harus menunggu bahkan sampai setahun setelah lepas suntikan jika ingin siklus menstruasi kembali normal

• Memiliki efek mengurangi kepadatan tulang (kembali normal apabila injeksi dihentikan)
• Tidak memberikan perlindungan dari penyakit menular seksual

Sedangkan berikut ini adalah manfaat dari suntik KB 3 bulan:

• Tidak berinteraksi dengan obat-obatan lain
• Aman bagi Ibu menyusui
• Bermanfaat bagi wanita yang tidak dapat menggunakan kontrasepsi yang mengandung estrogen

• Relatif lebih aman dari ketidakteraturan penggunaan seperti misalnya pada pil KB
• Tidak perlu berhitung lebih dulu saat berhubungan seksual
• Jika ingin menghentikan pemakaian, cukup menghentikan sendiri
• Dapat memberikan perlindungan terhadap kanker rahim dan radang panggul

Keluhan yang Anda alami mungkin saja merupakan salah satu efek dari penggunaan KB suntik, namun jika keluhan Anda tidak kunjung berhenti, darah semakin banyak dan semakin mengganggu, saya sarankan untuk lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti pemeriksaan darah, USG, dll. Pengobatan atau penanganan yang tepat akan diberikan setelah penyebab diketahui.