JAWABAN DOKTER Penyebab Menstruasi Singkat

Dok. Sebulan lalu, saya haid. Tapi haidnya cuman 2 hari saja. Dan yang keluar itu hanya darah kental coklat yang lengket. Saya baru mengalami hal ini dok. 

JAWABAN DOKTER Penyebab Menstruasi Singkat


Biasanya saya haid sampai 8 hari dan cairan yang keluar sangat banyak. Dua bulan lalu sih saya minum obat pelnacar haid. Tetapi bulan ini saya tidak haid. Saat ini apa yang harus saya lakukan dok?

Jawaban dr. Danny

Periode haid pada wanita berbeda beda, dan periode haid tiap bulannya dapat saja berubah ubah. Pada umumnya, periode haid/ siklus haid berkisar antara 21- 35 hari. Sedangkan waktu atau lamanya haid sekitar 3-7 hari.

jika anda biasanya mengalami haid selama 8 hari dengan jumlah darah yang sangat banyak , dan saat ini hanya 2 hari haid mungkin anda mengalami menormetrorhagia. Menormetrorhagia merupakan suatu keadaan dimana darah yang dikeluarkan saat haid sangat banyak dan periode haid yang tidak menentu. 

Dari keadaan yang anda alami, haid yang tidak menentu, dan saat ini mengeluarkan cairan coklat lengket mungkin dapat disebabkan karena :

infeksi pada daerah kewanitaan, seperti infeksi bakteri atau infeksi parasit
infeksi menular seksual 
Kista
mioma uteri
endometriosis/ pertumbuhan lapisan endometrium di tempat yang tidak seharusnya
pengaruh obat tertentu
oleh karena itu, untuk memastikan penyebab dari keadaan anda, maka sebaiknya anda mmeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, rontgen, USG jika memang diperlukan.

disarankan agar anda menjaga higiene daerah kewanitaan, anda dapat menggunakan cairan antiseptik kewanitaan cukup 1kali dalam sehari. Ganti pakaian dalam secara teratur. Konsumsi cukup sayur dan buah. Jangan merokok dan jangan konsumsi alkohol. Gunakan kondom jika berhubungan seksual.