JAWABAN DOKTER Mata Terkena Floaters

Dok nama saya raihan umur 15 tahun, mata kanan saya terkena floater dan mengurangi daya penglihatan.cara pengobatanya bagaimana dok?



Jawaban dr. Aloisia Permata Sari

Terima kasih atas pertanyaannya. Floaters adalah kondisi di mana seseorang melihat lingkaran atau benang hitam yang melayang-layang pada lapangan penglihatan Anda. Gejala ini biasanya akan lebih jelas ketika Anda melihat cahaya yang sangat terang. 

Walaupun demikian, floaters tidak mengganggu fungsi penglihatan Anda. Floaters dapat terlihat dalam bermacam-macm bentuk mulai dari bintik, lingkaran kecil, garis, benang, atau seperti jala.

Di bagian belakang bola mata terdapat zat atau cairan dengan konsistensi seperti gel yang disebut vitreous. Vitreous ini mengandung kolagen. Seiring dengan bertambahnya usia, serat protein dan kolagen yang membentuk viterous akan menyusut dan berkumpul. 

Bayangan yang ditangkap oleh retina mata kita inilah yang disebut denga floaters. Perubahan ini biasanya terjadi pada umur 50 tahun ke atas. Namun, orang yang memiliki gangguan penglihatan jarak jauh juga dapat mengalaminya. Selain itu, beberapa penyebab lainnya misalnya adanya perdarahan atau infeksi di dalam viterous, robeknya retina, retina yang lepas dari dinding mata, cedera pada mata, dan lainnya.

Silakan Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata terlebih dahulu bila Anda mengalami gangguan penglihatan. Dokter perlu melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mencari tahu apakah keluhan Anda disebabkan oleh kondisi kesehatan yang harus lebih diperhatikan. Dokter akan menentukan penanganan selanjutnya dari hasil pemeriksaan ini.

Semoga informasi ini berguna.