JAWABAN DOKTER Obat Gatal Pada Pipi Bayi

Dok anak saya kok merah2 mirip kadas gitu dok usia anak saya baru 40 hari,obatnya apa dok.



Jawaban dr. Aloisia Permata Sari

Terima kasih sudah bertanya di alodokter.com. Ruam merah yang muncul pada pipi bayi biasanya disebabkan oleh eksim/dermatitis atopik (atopik mengacu pada orang-orang yang memiliki reaksi alergi terhadap suatu hal). Eksim/dermatitis adalah kondisi peradangan kulit yang ditandai dengan munculnya ruam kulit atau kulit kering.

Dermatitis atopik sering terjadi pada anak-anak. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yag memiliki riwayat keluarga dengan dermatitis, asma,dan rhinitis alergi. Ruam merah ini terasa gatal dan bila sering digaruk dapat menimbulkan luka lepuh pada kulit tersebut. 

Dermatitis atopik merupakan suatu kondisi peradangan kulit yang kambuhan. Dermatitis atopik dapat muncul di area tubuh mana saja terutama pada lipatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa bagian tubuh yang dapat terkena dermatitis ini:

dahi 
sekitar mata dan telinga
pipi
samping leher
dalam siku
belakang lutut
lipatan selangkangan
pergelangan kaki depan
Dermatitis atopik disebabkan oleh reaksi kekebalan tubuh yang salah menafsirkan sesuatu atau pencetus tertentu sebagai hal yang membahayakan tubuh sehingga menimbulkan reaksi peradangan. Biasanya dermatitis atopik ini disebabkan oleh pajanan terhadap suatu hal yang dapay menyebabkan alergi misalnya cuaca, bulu binatang, kutu, debu, susu, telur, kacang, pakaian dari bahan tertentu, dan lainnya. Pada umumnya dermatitis atopik akan menghilang dengan sendirinya saat usia anak mencapai 10 tahun.

Silakan Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak terlebih dahulu untuk memastikan penyebabnya. Dokter juga perlu menilai keparahan ruam ini untuk menentukan penanganan selanjutnya. Biasanya dokter akan memberikan emolien dan krim steroid.

Semoga informasi ini berguna.