JAWABAN DOKTER Pusing Di Keramaian

Malam dokter. Sejak hamil anak saya yang ke2 sampai sekarng 2thn ini. kenapa saya sering pusing di keramaian,gemetar melihat ketinggian,pergi ke mall pun kdg terasa pusing pingin pingsan,keluar keringat dingin. 



Di tempat baru ataupun dijalan kadg terasa binggung lalu pusing. Kadag kaki terasa gemetaran. Pdhl dulu2ny gk pernh ngalamin gtu smpe anak pertama. Sebenarnya sakit ap y in dokter? Klu saya harus konsul di spesialis ap dokter? Sebelumnya maaf mengganggu,, Trimakasih atas jawabn n solusiny.

Jawaban dr. Aldy Valentino

Kondisi yang muncul ketika anda berada di tempat yang ramai atau ketika anda berada pada tempat baru bisa disebabkan karena gangguan yang disebut dengan agoraphobia. 

Agoraphobia adalah salah satu jenis gangguan cemas pada manusia, dimana penderitanya akan merasa ketakutan yang berlebih dan menghindari tempat atau situasi yang menimbulkan rasa panik dan membuatnya malu, terjebak, atau tidak berdaya. 

Situasi tersebut seperti saat menggunakan transportasi massa, dalam keramaian, atau sedang antre di tempat tertentu. Selain itu bisa juga terjadi pada tempat terbuka seperti jembatan dan tempat parkir, serta pada ruang tertutup seperti toko dan bioskop. 

Gangguan agoraphobia ini berkembang setelah penderitanya mengalami satu atau lebih serangan panik. Serangan panik atau panic attack adalah timbulnya rasa takut berintensitas tinggi yang datang secara tiba-tiba tanpa penyebab yang nyata. Gejala yang dirasakan penderita agoraphobia antara lain:

Gejala fisik seperti detak jantung dan napas menjadi cepat, merasa panas dan berkeringat, merasa tidak sehat, nyeri dada, kesulitan menelan, diare, gemetar, pusing, tinnitus (telinga berdengun) dan merasa ingin pingsan.

Gejala kognitif (berhubungan dengan perasaan atau pikiran penderita yang dapat berhubungan dengan gejala fisik yang muncul) misalnya perasaan takut bahwa serangan panik yang dialami akan mengancam nyawa dan membuatnya terlihat seperti orang bodoh, merasa tidak berdaya, merasa takut akan kehilangan kewarasan, kontrol diri, dan menjadi pusat perhatian orang sekelilingnya.

Gejala perilaku yang muncul akibat adanya gejala fisik dan gejala kognitif yang muncul misalnya penderita akan menghindari situasi yang rawan menimbulkan serangan panik, menghindar untuk keluar rumah atau tidak dapat meninggalkan rumah untuk waktu lama, dan membutuhkan orang yang dipercaya untuk menemaninya pergi ke mana pun.

Penyebab kondisi ini memang belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan ada hubungannya dengan genetik, dimana ada kecenderungan penderita agoraphobia memiliki keluarga dengan keluhan serupa atau gangguan panik. 

Selain itu banyak hal yang mempengaruhi, misalnya adanya trauma atau ketakutan yang belum teratasi di masa lampau. Bisa juga disebabkan karena anda memang sebelumya memiliki sifat yang mudah gugup atau cemas. Banyak hal yang bisa menyebabkan anda mengalami kondisi serangan panik atau kondisi agorapobia ini.

Menganai penanganan kondisi ini dan memastikan kondisi yang anda alami, sebaiknya anda melakukan konsultasi pada psikiater atau dokter ahli kejiwaan. Nantinya akan dilakukan serangkaian pemeriksaan dan wawancara untuk memastikan kondisi yang anda alami. Beberapa langkah pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi agoraphobia adalah:

Psikoterapi, dimana anda akan dibantu oleh psikolog atau psikiater untuk belajar mengurangi gejala-gejala kecemasan. Contoh terapi yang dapat dilakukan adalah terapi perilaku kognitif dan terapi eksposur.

Konsumsi obat-obatan antidepresan atau obat antiansietas untuk meredakan gejala kecemasan (sesuai resep dokter).

Memang tidak ada langkah pasti untuk mencegah agoraphobia ini. Namun, kecemasan cenderung akan meningkat jika penderita menghindari situasi yang ditakutinya. 

Jika anda menderita agoraphobia, anda harus berlatih untuk mengatasi dan mengendalikan rasa takut akan suatu tempat, anda pada awalnya bisa meminta anggota keluarga atau teman untuk pergi bersama ke tempat yang anda ditakuti dan secara perlahan anda melakukan kegiatan ini sendiri hingga akhirnya anda tidak mengalami ketakutan lagi.

Semoga jawaban ini membantu anda.