JAWABAN DOKTER Mata Tidak Menutup Sempurna Saat Tidur

Siang dok Anak saya umurnya 6 tahun dari kecil sampai sekarang kalau tidur matanya ngak pernah nutup rapat dok,apakah bahaya dok? Matanya juga sering bisulan sama kelopak mata sering bengkak apakah karena matanya saat tidur tidak tertutup rapat dok?



Jawban Dokter dr. Rio Aditya

Mata yang tidak menutup sempurna saat tidur bisa merupakan hal yang normal. Pada orang orang tertentu, ketika tidur, matanya bisa tidak menutup dengan sempurna dan bahkan ada yang terlihat seperti terbuka dan ini merupakan variasi normal. 

Tetapi keadaan ini membuat seseorang akan lebih berisiko untuk mengalami mata kering dan iritasi mata sehingga menyebabkan mata menjadi merah atau nyeri. Namun selama tidak mengalami hal tersebut anda tidak perlu khawatir. Jika mata menjadi sering nyeri, anda dapat memberikan tetes mata air mata buatan agar mata tidak kering. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Mata Buram Setelah Infeksi Mata 

Selamat sore dok, sekitar 2 minggu lebih saya sakit mata,mata saya merah,berair,perih,panas,sersa ada yg mengganjal dan sebagainya. Sekarang mata saya sudah mulai membik dok tapi sudah sekitar 4 hari ini penglihatan saya buram dok,apakah itu normal? Terimakasih

Jawaban Dokter dr. Dyah Novita Anggraini

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya, izinkan kami bertanya :

Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini?
Apakah Anda sudah memeriksakan diri kepada dokter sebelumnya?

Penglihatan yang kabur setelah menderita sakit mata seperti yang Anda ceritakan kemungkinan disebabkan oleh infeksi yang mengenai kornea mata, atau disebut juga keratitis. Keratitis adalah peradangan pada kornea, yaitu jaringan di bagian depan mata yang menutupi pupil dan iris. 

Keratitis dapat disebabkan oleh cedera yang relatif kecil, seperti goresan kuku, atau pemakaian lensa kontak yang terlalu lama yang dapat menular. Keratitis juga dapat disertai infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan parasit. Jika tidak diobati, atau jika infeksi semakin parah, keratitis dapat mengakibatkan komplikasi serius yang secara permanen dapat merusak penglihatan.

Namun demikian, untuk mendapatkan evaluasi dan tatalaksana yang tepat, kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi secara langsung kepada dokter mata agar dapat dilihat kelainan mata apa yang Anda alami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mata buram setelah infeksi mata. Semoga bermanfaat.